Bagaimana Cara Mengenalkan IT Kepada Anak SD? Kira-kira seperti itu pertanyaan yang pernah admin web modul komputer lihat melalui laporan site trafik web ini. Pertanyaan semacam itu biasanya keluar dari guru yang baru pertama kali mengajar mata pelajaran komputer di satuan pendidikan sekolah dasar. Atau bisa juga keluar dari pari orang tua siswa yang peduli dengan perkembangan teknologi dan ingin mengenalkannya kepada anaknya.

bagaimana cara mengenalkan it komputer kepada anak anak anak sd

Teknologi informasi saat ini memang berkembang pesat, kehadirannya begitu masif, nyaris disemua sektor ada. Bukan cuma di kantor, bukan cuma di pusat pemerintahan, bukan cuma di kampus atau lembaga pendidikan, tapi disemua tempat ada. Karenanya wajar kalau para orang tua banyak yang bingung ketika anak-anaknya mulai akrab dengan perangkat teknologi informasi tersebut, maka munculah keingintahuan bagaimana cara mengenalkan IT yang baik kepada anak-anaknya. Agar anak-anaknya bisa mengikuti perkembangan IT, tetapi tidak salah menggunakannya.

Begitupun dengan guru di sekolah dasar, terutama guru yang mengajar mata pelajaran yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, yaitu guru mata pelajaran komputer. Mereka dituntut bukan cuma harus mengajarkan cara menggunakan perangkat dan aplikasi komputer tapi juga dituntut untuk memberikan pemahaman, atitude, dan etika-etika dalam pemanfaatan perangkat dan aplikasi yang benar sesuai fungsinya kepada anak didiknya.

Seperti banyak para pengamat IT mengatakan bahwa IT itu ibarat pisau, jika benar menggunakannya maka IT itu besar sekali manfaatnya, tetapi jika salah menggunaknnya maka banyak pula mudhoratnya.

Lalu bagaimanakah cara mengenalkan IT kepada anak-anak, terutama anak usia SD?

Point penting yang perlu diingat para orang dewasa terhadap anak-anak disekitarnya adalah, bahwa anak-anak itu adalah mahluk yang paling gampang mengingat apa yang dilihatnya.

Ketika disekelilingnya, orang-orang dewasa, entah itu orang tuanya atau siapapun itu yang mereka lihat sering menggunakan perangkat IT, handphone misalnya, maka anak-anak kita akan mudah sekali mengikuti kebiasaan para orang dewasa tersebut.

Contoh kasus adalah anak admin yang baru berusia satu tahun lebih dua bulan, karena setiap hari sering melihat ibunya menggunakan ponsel, maka ketika melihat ponsel yang tergeletak segera ia meniru apa yang dilakukan ibunya memencet toucscreen sampai bisa menyalakan ponsel tersebut. Hal buruknya adalah ia selalu ingin melihat video, padahal keseringan melihat ponsel berdampak pada kesehatan alat indera dan perkembangan otaknya.

Melihat contoh kasus tersebut, maka baik guru maupun para orangtua harus paham cara mengenalkan perangkat IT kepada anak-anak.

Paham dengan manfaat dan mudorat perangkat teknologi yang akan dikenalkan

Mengenalkan teknologi sejak dini tidak ada salahnya, tapi mengetahui terlebih dahulu manfaat yang akan didapat serta hal buruk yang bisa saja terjadi dari perangkat teknologi yang akan dikenalkan kepada anak merupakan point penting yang harus dipahami para orang tua dan guru.

Misalnya ketika hendak mengenalkan perangkat komputer kepada anak-anak, maka sebaiknya personal yang akan mengenalkan perangkat komputer tersebut harus memahami beberapa hal ini:

  • Dengan menggunakan komputer anak-anak bisa menjadi lebih senang dalam belajar, karena ada aplikasi komputer yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran. Atau minimal anak-anak bisa belajar mewarnai menggunakan aplikasi Paint, mereka akan senang membuat bentuk-bentuk dan warna yang menarik secara digital.
  • Dengan menggunakan komputer juga anak-anak bisa melihat video, mendengarkan musik, dan menggunakan berbagai jenis permainan menarik lainnya yang dapat membuat anak terhibur.
  • Dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet anak-anak bisa menemukan hal-hal menarik seperti gambar-gambar kartun, video di youtube dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa mendownload berbagai aplikasi dan permainan gratis melalui playstore.